PENGARUH STRATEGI PEMODELAN BERBANTUAN MEDIA CETAK TERHADAP KEMAMPUAN MENGARANG PROSA SISWA KELAS V SD DITINJAU DARI BAKAT VERBAL
Main Authors: | Darmani, N.N., Marhaeni, A.A.I.N, Sutama, M. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/627 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/627/412 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pemodel berbantuan media cetak terhadap kemampuan mengarang prosa Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Saraswati Denpasar ditinjau dari bakat verbal. Penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan menggunakan rancangan Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 106 siswa, yang terbagi dalam dua kelas dengan memperhatikan kesetaraan. Instrumen yang digunakan adalah tes bakat verbal dan rubrik penilain mengarang prosa. Data yang terkumpul dianalisis menggunaka ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengarang prosa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pemodelan berbantuan media cetak lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi konvensional. Setelah pengaruh bakat verbal siswa dikendalikan, kemampuan mengarang prosa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pemodelan berbantuan media cetak lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi konvensional. Kata kunci: strategi pemodelan, bakat verbal,kemampuan mengarang, media cetak Abstract This research aims to investigate the effect of the implementation of modeling strategy assisted by printed media on student's ability in writing prose viewed from their verbal aptitude. This research is a quasi experiment using Post-test Only Control Group Design. Population in this research was 106 students of Saraswati 4 Elementary School divided into two classes regarding equality. Instruments used were verbal aptitude test and rubric. The collected data were analyzed using ANCOVA. The result shows that the ability in writing prose on students who followed modeling assisted by printed media was higher than those who followed conventional learning strategic. Keywords: Modeling strategy, verbal aptitude, writing ability, printed media