PENGARUH METODE BERMAIN PERAN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH MUJAHIDIN LOLOAN BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Authors: Husniyah, Hj., Lasmawan, I Wayan, Dantes, Nyoman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/609
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/609/395
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Metode Bermain Peran Berbantuan Media Gambar dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2012/2013”. Populasi penelitian ini adalah Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat Negara.Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Post Test Only Control Group Desaign. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berbentuk uraian dan pilihan ganda. Analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti metode Bermain Peran Berbantuan Media Gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode Konvensional. 2). Terdapat pengaruh interaksi antara metode belajar dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar PKn Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2012/2013, 3). Terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti metode Bermain Peran Berbantuan Media Gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode Konvensional pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi. 4). Terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti metode Bermain Peran Berbantuan Media Gambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode Konvensional pada siswa yang memiliki kreativitas rendah. Kata Kunci: Kreativitas, Metode Bermain Peran, Media Gambar, PKn. ABSTRACT This study aims at examining the effect of role play method aided by pictures media and creativity towards civics learning achievement of third grade students of Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat in Negara District, Jembrana Regency in the year 2012/2013. The population of this research is the third grade students of Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat Negara. This research used experimental design of Post Test Only Control Group Design. The data in this research were collected by using learning achievement test in the form of descriptions and multiple choices. The data were analyzed by using two-way ANOVA. The results show that: 1). There are learning achievement differences between students who take role play method aided by pictures media and the students who take conventional learning methods. 2). There is an interaction effect between learning method and students’ creativity towards civics learning achievement of third grade students of Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Loloan Barat in Negara District, Jembrana Regency in the year 2012/20133). For high creativity students, there are differences of civics learning achievement between students who take role play method aided by pictures media and the students who take conventional learning methods. 4). For low creativity students, there are differences of civics learning achievement between students who take role play method aided by pictures media and the students who take conventional learning methods. Keywords: Creativity, Role Play Method, Pictures Media, Civics.