Determinasi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Gaya Belajar Dan Pemahaman Konsep IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Gugus Yudistira Kecamatan Negara
Main Authors: | Bintarini, Ni Kade, Marhaeni, A.A.I.N, Lasmawan, I Wayan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/602 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/602/388 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah terhadap gaya belajar dan pemahaman konsep IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan The Post-test Only Control Group Design dengan melibatkan sampel sebanyak 69 orang siswa untuk kelas eksperimen dan 69 orang siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data ada dua yaitu kuisioner gaya belajar dan tes pemahaman konsep IPS.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data sebagai berikut. Pertama, Gaya belajar dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F hitung 41,467; p < 0,05). Kedua,Pemahaman konsep IPS dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ( F hitung 141,793; p < 0,05 ). Ketiga, Gaya belajar dan Pemahaman konsep IPS lebih baik secara signifikan yang mengikuti pembelajaran pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F hitung 86,169 ; p < 0,05 ). Kata kunci : lingkungan sekitar sekolah, gaya belajar, pemahaman konsep IPS Abstract This research aims at investigating the effect of the use of school environment as learning source on learning style and social study learning comprehension. This is an experimental research of The Posttest-Only Control Group Design which involved 69 students for experimental class and 69 students for control class. There are two instruments for collecting data, they are learning style questionnaire and social studies learning comprehension test. The collected data were analyzed using MANOVA with the assistance of SPSS 16.0 for Windows. The results of the data analysis are as follows. First, learning style of students learning with the use of school environment as learning source is significantly better than those learning with conventional learning (Fobs = 41.467; p<0.05). Second, social studies learning comprehension of students learning with the use of school environment as learning source is significantly better than those learning with conventional learning (Fobs = 141.793; p<0.05). Third, learning style and social studies learning comprehension of students learning with the use of school environment as learning source are significantly better than those learning with conventional learning (Fobs = 86.169; p<0.05). Keywords: school environment, learning style, social study learning comprehension