PENGARUH MODEL SAINS-TEKNOLOGI-MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA SD DI DESA KALIBUKBUK

Main Authors: I Wayan, Ardana, Lasmawan, Wayan, Marhaeni, A.A.I.N.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/543
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/543/335
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep IPS siswa kelas IV SD yang mengikuti model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 36 siswa dari SD Negeri No. 2 Kalibukbuk dan 34 siswa dari SD Negeri No. 4 Kalibukbuk dipilih sebagai sampel penelitian. Data kemampuan berpikir kreatif dikumpulkan dengan tes berpikir kreatif dan data pemahaman konsep IPS dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F= 21,507 p< 0,05), (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPS yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F= 3,756 dan p< 0,05), (3) secara simultan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep IPS yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F= 11,917 dan p< 0,05). Kata Kunci: Model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM), kemampuan berpikir kreatif, pemahaman konsep IPS, siswa SD Abstract This research aims at investigating the difference of creative thinking and social study concept understanding of the fourth grade primary school students following science-technology-society learning model and those following conventional learning model. 70 students consist of 32 students from SD Negeri No. 2 Kalibukbuk and 34 students from SD Negeri No. 4 Kalibukbuk were chosen as the sample of the research. The data of creative thinking ability were gathered using creative thinking test and the data of social study concept understanding were gathered using multiple-choice test. The data were analyzed using descriptive statistic and MANOVA. The result of the analysis shows that: (1) there is a significant creative thinking ability between students following science-technology-society learning model and those following conventional learning model (F = 21.507, p<0.05), (2) there is a significant social study concept understanding between students following science-technology-society learning model and those following conventional learning model (F = 3.756, p<0.05), (3) simultaneously, there is a significant creative thinking ability and social study concept understanding between students following science-technology-society learning model and those following conventional learning model (F = 11.917, p<0.05). Keywords: science-technology-society learning model, creative thinking ability, social study concept understanding, primary school students.