PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS III KECAMATAN SERIRIT
Main Authors: | Tristiantari, Ni Ketut Desia, Marhaeni, A.A.I.N, Koyan, I Wayan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/541 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/541/333 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan berbicara dan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu yang datanya dianalisis menggunakan MANOVA. Sebanyak 62 siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Seririt dipilih sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan tes berbicara dalam bentuk menanggapi dan tes berpikir kreatif dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Terdapat perbedaan kemampuan berbicara yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Kemampuan berbicara siswa yang mengikuti model TPS lebih baik dari pada siswa yang mengikuti model konvensional; (2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Keterampilan berpikir kreatif siswa yang mengikuti model TPS lebih baik dari pada siswa yang mengikuti model konvensional. (3) Secara simultan kemampuan berbicara dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik secara signifikan daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model pembelajaran TPS, kemampuan berbicara, keterampilan berpikir kreatif Abstract This research aims to investigate the effect of cooperative learning model type think pair share (TPS) in speaking comprehension and creative thinking skill. This research used quasi-experimental design which data were analyzed using MANOVA. 62 fifth grade students in public primary school cluster III sub-district Seririt were selected as research sample. Data collection used speaking test in a form of responding test and a test for creative thinking in a form of written argument/commentary. The result shows that: (1) there is a significant difference on speaking comprehension between students following a cooperative learning model type TPS with those following the conventional learning model, (2) there is a significant difference on creative thinking skill between students following the cooperative learning model type TPS with those following the conventional learning model (3) simultaneously, speaking comprehension and creative thinking skill on students following the cooperative learning model type TPS exceeds significantly than those following the conventional learning method. Based on result, it can be concluded that cooperative learning model type TPS affects positively on the speaking comprehension and creative thinking skill of students. Keywords: TPS learning model, speaking comprehension, creative thinking skill