PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA
Main Authors: | I Putu, Susila Darma,, Lasmawan, Wayan, I Wayan, Koyan, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/538 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/538/330 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan pembelajaran kontekstual dan minat belajar terhadap hasil belajar PKn pada siswa SMP Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) hasil belajar PKn siswa yang mengikuti Pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti Pendekata.n pembelajaran konvensional (FA=21,29 < α=0,05); 2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar PKn (FAB=71,32 < α=0,05); 3) untuk siswa yang memiliki minat belajar tinggi, hasil belajar PKn siswa yang mengikuti Pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti Pendekatan pembelajaran konvensional (Qhitung=13,06 < α=0,05); 4) untuk siswa yang memiliki minat belajar rendah, hasil belajar PKn siswa yang mengikuti Pendekatan pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti Pendekatan pembelajaran kontekstual (Qhitung=3,83 < α=0,05). Atas dasar temuan itu, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran dan minat belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar PKn. Kata kunci: Pendekatan pembelajaran kontekstual, minat belajar dan hasil belajar PKn Abstract This research aimed at finding the effect of the Contextual teaching and learning approach and learning interest towards Civic Education learning achievement student of SMP Negeri 2 Singaraja. This is use experiment with 2x2 factorial design. The research result shows that: 1) Civic Education learning achievement of the students in Contextual teaching and learning approach is higher than the students in Conventional teaching and learning approach (FA=21,29 < α=0,05); 2) there is a significant interaction effect between learning approach and learning interest towards Civic Education achievement (FAB=71,32 < α=0,05); 3) for the students who have the high learning interest, the Civics Education learning achievement of the students in Contextual teaching and learning approach is higher than the students in Conventional teacing and learning approach (Qobserved=13,06 < α=0,05); 4) for the students who have the low learning interest, the Civic Education learning achievement of the students in Conventional teaching and learning approach is higher than the students in Contextual teaching and learning approach (Qobserved=3,83 < α=0,05). Based on the above finding, it can be concluded that the implementation of the teaching and learning approach and learning interest have significant effect towards Civic Education learning achievement. Keywords: Contextual teaching and learning approach, learning interest and Civic Education learning achievement