DETERMINASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SOSIAL TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SINGARAJA
Main Authors: | A.G, Widiantara,, Lasmawan, Wayan, Suarni, Ni Ketut |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/536 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/536/328 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan dalam sikap sosial dan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri sosial dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian eksperimental semu ini menggunakan the posttest-only control group design. Sebanyak 65 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja dipilih menjadi sampel dengan teknik random sampling. Data sikap sosial dikumpulkan dengan metode kuesioner model skala Likert, dan data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan metode tes jenis objektif. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan secara signifikan sikap sosial antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri sosial dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F=52,541;sig.=0,000;p<0,05), 2) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri sosial dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F=10,413;sig.=0,002;p<0,05), dan 3) secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial dan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri sosial dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F=82,788;sig.=0,000;p<0,05). Kata kunci: Inkuiri sosial, sikap sosial, hasil belajar IPS, SMP. Abstract The objective of this research is to find out and analyze the differences in social attitude and social studies learning achievement between students studying social inquiry learning model and those studying conventional learning model. This quasi experiment is use the posttest-only control group design. 65 eighth grade students in SMP Negeri 3 Singaraja were selected to be the samples of research with random sampling technique. Data of social attitude was collected through Likert scale model questionnaire method, and the data of social studies learning achievement was collected through objective type test method. The data was analyzed by using MANOVA. The results of this research show that: 1) there is significantly difference of social attitude between stundents studying social inquiry learning model and those studying conventional learning model (F=52,541;sig.=0,000;p<0,05), 2) there is significantly difference of social studies learning achievement between students studying social inquiry learning model and those studying conventional learning model (F=10,413;sig.=0,002;p<0,05), and 3) simultaneously, there are significant differences of social attitude and social studies learning achievement between students studying social inquiry learning model and those studying conventional learning model (F=82,788;sig.=0,000;p<0,05). Keywords: Social inquiry, social attitude, social studies learning achievement, junior high school.