PENGARUH IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Main Authors: | Krisnayanti, Putu Desy, Sudiana, I Nyoman, Marhaeni, A.A.I.N. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/529 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/529/321 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode pembelajaran bermain peran terhadap kemampuan berbicara dan kreativitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan design nonequivalent control group design. Sebanyak 62 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja dipilih sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berbicara dan kuesioner kreativitas. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berbicara yang signifikan antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran bermain peran dan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (2) terdapat perbedaan kreativitas yang signifikan antara siswa yang mengikuti metode pembelajaran bermain peran dan siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (3) secara simultan kemampuan berbicara dan kreativitas siswa yang mengikuti metode pembelajaran bermain peran lebih baik secara signifikan daripada siswa yang mengikuti metode konvensional pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci: metode bermain peran, kemampuan berbicara, kreativitas. Abstract This research aims at investigating the effect of the implementation of role-play learning method on speaking competency and creativity of students in learning Bahasa Indonesia. This research used quasi experimental with the nonequivalent control group design. 62 seventh grade students of SMP Negeri 3 Singaraja were chosen as the sample. The data were collected using speaking competency test and creativity questionnaire. The data were analyzed using MANOVA. The result of the research shows that: (1) there is a significant difference of speaking competency between students following role-play learning method and those following conventional learning method in Bahasa Indonesia course, (2) there is a significant difference of creativity between students following role-play learning method and those following conventional learning method in Bahasa Indonesia course, (3) simultaneously, the speaking competency and creativity of students following role-play learning method is significantly better than those following conventional learning method in Bahasa Indonesia course. Keywords: role-play learning method, speaking competency, creativity