PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD
Main Authors: | P.B, Pradnyana,, Marhaeni, A.A.I.N, I Made, Candiasa, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2013
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/528 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/528/320 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Sebanyak 93 siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Buleleng dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen post test only control group design. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Uji validitas kuesioner dan tes dianalisis dengan menggunakan Product Moment dan Point Biserial. Uji reliabilitas kuesioner dan tes dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronbach dan KR-20. Uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F=58,671 dan Sig.=0,000; p<0,05); kedua, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F=15,438 dan Sig.= 0,000; p<0,05); ketiga, secara simultan terdapat perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F=35,359 dan Sig.=0,000;p<0,05). Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, motivasi belajar, prestasi belajar. Abstract This research aims at investigating the difference of learning motivation and mathematics learning achievement of students following problem-based learning and those following conventional learning. 93 fourth grade students of primary school in Cluster I Buleleng regency were chosen as the sample. This research used post test only control group design. The data learning motivation were collected using questionnaire and the data of learning achievement were collected using multiple-choice test. The validity test of the questionnaire and test were analyzed using Cronbach’s Alpha and KR-20. The hypotheses were tested using MANOVA. The result of the research shows that: first, there is a significant difference of learning motivation between students following problem-based learning and those following conventional learning (F=58.671 and sig.=0.000; p<0.05); second, first, there is a significant difference of mathematics learning achievement between students following problem-based learning and those following conventional learning (F=15.438 and sig.=0.000; p<0.05); third, there is a significant difference of learning motivation and mathematics learning achievement between students following problem-based learning and those following conventional learning (F=35.359 and sig.=0.000; p<0.05). Keywords : Problem-based learning, learning motivation, learning achievement.