PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD SARASWATI TABANAN

Main Authors: Purwati, Desak Nyoman, Marhaeni, A.A.I.N, Tika, I Nyoman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2013
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/511
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/511/303
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif jigsaw dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Saraswati Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan post test only control group design, yang melibatkan 84 sampel siswa kelas IV yang diambil secara random. Data dikumpulkan melalui test. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berdampak lebih baik secara signifikan terhadap hasil belajar IPA dibandingkan dengan hasil belajar dengan model konvensional. Terjadinya interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi dimana ditemukan model pembelajaran kooperatif jigsaw lebih sesuai untuk siswa dengan motivasi tinggi namun sebaliknya motivasi rendah lebih sesuai menggunakan model konvensional. Kata-kata kunci : kooperatif Jigsaw, motivasi, hasil belajar ABSTRACT This study aimed at finding out the influence of jigsaw cooperative learning and students’ learning motivation on Science learning achievement of fourth grade students in SD Saraswati Tabanan. This research is apparent experiment research by using post test only control group design, involved 84 students which chosen randomly. The data are collected by a test. The result of the research showed that jigsaw cooperative learning significantly has a better influence on science learning achievement than the conventional one. In the interaction between learning model and learning motivation, jigsaw cooperative learning is more appropriate for high motivated students and the conventional one is more appropriate fow low motivated students. Keywords: cooperative jigsaw,motivation,learning achievement