Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII di SMPN 1 Mendoyo
Main Author: | Arya Artama, I Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2011
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/44 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/44/43 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPS dengan mempertimbangkan motivasi berprestasi siswa. Berdasarkan variabel penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Mendoyo, untuk menjawab permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut: (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) Pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (3) Pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang mengikuti model pembelajaran tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (4) Apakah ada pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran tipe jigsaw dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS. Untuk menjawab permasalahan diatas , penelitian ini menggunakan metode eksperimen post test only control group design, dengan penentuan sampel menggunakan tehnik pengambilan sampel secara acak pada siswa kelas VIII SMP N 1 Mendoyo. Jumlah sampel sebanyak 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 40 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian diantaranya, berupa tes motivasi berprestasi untuk mengukur tinggi rendahnya motivasi berprestasi pada diri siswa, sedangkan tes hasil/prestasi belajar digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalur, selanjutnya diuji dengan uji tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS pada siswa SMPN 1Mendoyo, (3) hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, (4) hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. ABSTRACT. The current research aims at finding out the influence of the effect of jigsaw cooperative learning technique toward to achievement of learning in social studies subject by considering the achievement motivation. Based on the search variables conducted in SMP N 1 Mendoyo, to answerd the problems in this study can be formulated as follows : (1) Is there any difference in social study learning achievement between the student who learn through cooperative learning model of the jigsaw type and those who learn through the conventional learning model, (2) In the student with a high achievement of motivation, Is there any difference in social study learning achievement between the student who learn through cooperative learning model of the jigsaw type and those who learn through the conventional learning model, (3) In The student with low achievement of motivation, Is there any difference in social study learning achievement between the student who learn through cooperative learning model of the jigsaw type and those who learn through the conventional learning model, (4) Is there interaction effect between cooperative learning model of the jigsaw type and achivement of motivation to improve social studies learning achievement. To answer the problems above, this study used experimental research post test only control group design, and take sample with random technique at SMP N 1 Mendoyo. Subject number 80 students consisting of 40 students as the experiment group, and 40 students as the controle group. To obtain the data on the achievement motivation, a achievement motivation test was used, while the data learning achievement was obtained through a learning achievement test. The data was analyzed by two-way anova and tukey test. From this study it was found out that: : (1) The social study learning achievement of the student who learn through cooperative learning model of the jigsaw type is better than who learn through the conventional learning model, (2) There was an interaction effect between cooperative learning model of the jigsaw type and achivement of motivation to improve social studies learning achievement, (3) In the student with a high achievement of motivation, the social study learning achievement of the student who learn through cooperative learning model of the jigsaw type is better than who learn through the conventional learning model, (4) In The student with low achievement of motivation, the social study learning achievement of the student who learn through the conventional learning model is better than who learn through cooperative learning model of the jigsaw type.