Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sawan

Main Authors: ., MADE JUNI ARTINI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2017
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/2288
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik make a match terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sawan. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 56 siswa. Data yang dikumpulkan adalah motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, motivasi berprestasi siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif teknik make a match secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (F = 154,508; p < 0,05). Kedua, hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif teknik make a match secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (F = 14,032; p < 0,05). Ketiga, secara simultan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif teknik make a match secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensionalKata Kunci : hasil belajar IPS, motivasi berprestasi, teknik make a match This study aims to determine the effect of cooperative learning techniques to make a match of achievement motivation and learning outcomes students of class V SD IPS Cluster VII District of Sawan. The research design uses archetypal The Posttest Only Control Group with the kind of quasi-experiment. These samples included 56 students. The data collected is the achievement motivation and learning outcomes IPS. Data were analyzed using SPSS MANOVA assisted 17:00 for windows. Results showed that: First, achievement motivation of students who follow the model of cooperative learning techniques make a match is significantly better than students who follow learning with conventional learning (F = 154.508, p