Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Minat Belajar Siswa Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sawan

Main Authors: ., KADEK JUNI ARSINI TUSAN, ., PROF. DR. I WAYAN SUASTRA, M.Pd., ., PROF. DR. NI KETUT SUARNI, M.S
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2017
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/2284
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA dengan kovariabel minat belajar siswa kelas V SD. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar single factor independent group with use covariate dengan kovariabel minat belajar. Populasi sampel penelitian berjumlah 55 siswa. Data dikumpulkan dengan tes dan kuesioner. Data dianalisis dengan anakova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 46,261, p