Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng
Main Authors: | ., KADEK AYU PERMANA DEWI, ., PROF. DR. NI KETUT SUARNI, M.S, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2017
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/2283 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan pola dasar non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 198 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa ditentukan dengan teknik random sampling. Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan dengan rubrik penilaian, Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: pertama, motivasi berprestasi siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (F = 96,531; p < 0,05); kedua, kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (F = 26,072; p < 0,05); ketiga, secara simultan motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 58,564; p < 0,05)Kata Kunci : kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran berbasis masalah, motivasi berprestasi This study aims to determine the effect of problem based learning to the achievement motivation and critical thinking skills in class V SD Cluster I Sub Buleleng. This study used a quasi-experimental approach with the archetypal non equivalent control group design. The population in this study were 198 students. These samples included 62 students is determined by random sampling technique. Data collected students' critical thinking skills with the assessment rubric, achievement motivation Data were collected by questionnaires. Data were analyzed using SPSS MANOVA assisted 17:00 for windows. Results showed that: first, achievement motivation of students who take a problem-based learning model is significantly better than students who take learning with conventional learning model (F = 96.531, p