Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus XII Kecamatan Buleleng
Main Authors: | ., PUTU EKA MULIANA, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2017
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/2278 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resolusi konflik terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus XII Kecamatan Buleleng. Populasi dalam penelitian 132 orang siswa. Sedangkan sampel sebanyak 58 orang siswa. Data sikap sosial dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan tes objektif. Ananlisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 3) secara simultan, terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.Kata Kunci : hasil belajar IPS, resolusi konflik, sikap sosial This study aimed to determine the effect of learning model of conflict resolution and social attitudes towards learning outcomes students of class V SD IPS Force XII District of Buleleng. The population in the study 132 students. While the sample of 58 students. Data were collected by questionnaires social attitudes, while the IPS study outcome data collected by objective tests. Ananlisis data used in this study is Manova. Based on research that has been done the result is that: 1) there are significant differences social attitudes among students who take the learning model of conflict resolution with the students who take the conventional learning models, 2) there are significant differences learning outcomes IPS between students who take the learning model of conflict resolution with students who take the conventional learning models, 3) simultaneously, there is a significant difference in social attitudes and learning outcomes of students who take the IPS between learning model of conflict resolution with the students who take the conventional learning model.keyword : the results of social studies, conflict resolution, social attitudes