Determinasi Kompetensi Profesional, Kualitas Pengelolaan Pembelajaran dan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SLB. B Negeri Singaraja

Main Authors: ., I KOMANG SARIRA, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., Dr. I MADE GUNAMANTHA, ST, MM.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2017
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/2277
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mencari Determinasi Kompetensi Profesional, Kualitas Pengelolaan Pembelajaran dan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SLB. B Negeri Singaraja. Penelitian ini tergolong penelitian ex-post facto. Sampel dari penelitian adalah seluruh tenaga pengajar di SLB B Negeri Singaraja yang berjumlah 29 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode sampling jenuh atau lebih dikenal dengan istilah sensus. Instrumen penelitian berupa angket untuk menguku kompetensi profesional, kualitas pengelolaan pembelajaran dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Analisis yang digunakan adalah uji statistik regresi tiga prediktor. Hasil penelitian menemukan bahwa, 1) H1 diterima karena nilai t_tabel = 2,04 < t_hitung = 4,523. Artinya terdapat determinasi yang signifikan kompetensi profesional terhadap kinerja guru SLB. B Negeri Singaraja; 2) H1 diterima karena t_tabel = 2,05 < t_hitung = 5,678. Artinya terdapat determinasi yang signifikan kualitas pengelolaan pembelajaran terhadap kinerja guru SLB. B Negeri Singaraja; 3) H1 diterima karena t_tabel = 2,05 < t_hitung = 3,788. Artinya terdapat determinasi yang signifikan perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SLB. B Negeri Singaraja; 4) H1 diterima karena r_tabel = 0,355 < r_hitung = 0,391. Artinya terdapat determinasi secara simultan yang signifikan kompetensi profesional, kualitas pengelolaan pembelajaran, dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SLB. B Negeri SingarajaKata Kunci : kinerja guru, kompetensi profesional, kualitas pengelolaan pembelajaran, perilaku kepemimpinan kepala sekolah Penelitian ini bertujuan untuk mencari Determinasi Kompetensi Profesional, Kualitas Pengelolaan Pembelajaran dan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SLB. B Negeri Singaraja. Penelitian ini tergolong penelitian ex-post facto. Sampel dari penelitian adalah seluruh tenaga pengajar di SLB B Negeri Singaraja yang berjumlah 29 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode sampling jenuh atau lebih dikenal dengan istilah sensus. Instrumen penelitian berupa angket untuk menguku kompetensi profesional, kualitas pengelolaan pembelajaran dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru. Analisis yang digunakan adalah uji statistik regresi tiga prediktor. Hasil penelitian menemukan bahwa, 1) H1 diterima karena nilai t_tabel = 2,04 < t_hitung = 4,523. Artinya terdapat determinasi yang signifikan kompetensi profesional terhadap kinerja guru SLB. B Negeri Singaraja; 2) H1 diterima karena t_tabel = 2,05 < t_hitung = 5,678. Artinya terdapat determinasi yang signifikan kualitas pengelolaan pembelajaran terhadap kinerja guru SLB. B Negeri Singaraja; 3) H1 diterima karena t_tabel = 2,05 < t_hitung = 3,788. Artinya terdapat determinasi yang signifikan perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SLB. B Negeri Singaraja; 4) H1 diterima karena r_tabel = 0,355 < r_hitung = 0,391. Artinya terdapat determinasi secara simultan yang signifikan kompetensi profesional, kualitas pengelolaan pembelajaran, dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SLB. B Negeri Singarajakeyword : kinerja guru, kompetensi profesional, kualitas pengelolaan pembelajaran, perilaku kepemimpinan kepala sekolah.