PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DAN BERORIENTASI MULTIKULTUR TEMA TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IV SD RINTISAN KURIKULUM 2013 KECAMATAN BULELENG
Main Authors: | ., KOMANG YUNI KRISTINA DEWI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/2067 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu berbasis pendekatan saintifik dengan tema Tempat Tinggalku. “Pengembangan pembelajaran tema Tempat Tinggalku. ini menggunakan rancangan penelitian Researsh and Development (R&D). Sampel penelitian berjumlah 5 Sekolah Dasar dengan jumlah praktisi 5 orang guru SD. Data yang dikumpulkan adalah APPP dan APRP mengenai filosofi pembelajaran tematik terpadu. Validasi produk dianalisis dengan formula Gregory, Product Moment dan Alpha Cronbach. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, hasil yang didapat pada pengembangan produk RPP tema Tempat Tinggalku di kelasV tercapai 0,908 maka rencana pelaksanaan pembelajaran sangat layak untuk diuji cobakan dengan tidak perlu direvisi. Kedua, skor rata – rata pelaksanaan RPP tema Tempat Tinggalku di Kelas VI SD yang dilaksanakan oleh 5 Sekolah pada sub tema 1, 2 dan 3 adalah 89,02 yang termasuk kategori baik.Kata Kunci : pembelajaran tematik, RPP, tema Tempat Tinggalku This study aims to develop an integrated thematic lesson plan based on scientific approach to the theme of my place. "Development of learning the theme of my place. It uses research design researsh and Development (R & D). These samples included five elementary schools with the number of practitioners 5 elementary teachers. The data collected is APPP and APRP about the philosophy of integrated thematic learning. Validation of product analyzed by Gregory formula, Product Moment and Cronbach Alpha. Results showed that: First, the results obtained on product development RPP theme of my place in kelasV reached 0,908, the lesson plan is very feasible to be tested with no need of revision. Second, the average score - average implementation RPP theme of my place in Grade VI Elementary School conducted by the School 5 on the sub theme of 1, 2 and 3 was 89,02 which included both categories.keyword : thematic learning, lesson plans, the theme of my place