PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NO 3 BENOA KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG

Main Authors: ., I NYOMAN DERESTA, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2016
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1995
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Deresta, I Nyoman (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD No 3 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si Kata kunci: Hasil belajar IPA, keaktifan siswa, dan pendekatan pembelajaran kontekstual Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD No 3 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Rancangan penelitian ini post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD No 3 Benoa yang berjumlah 98 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan random sampling yang berjumlah 62 orang. Teknik analisis data menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keaktifan siswa antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran tematik terpadu pada siswa kelas IV SD No 3 Benoa Kecamatan Kuta Selatan, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran tematik terpadu pada siswa kelas IV SD No 3 Benoa Kecamatan Kuta Selatan, dan (3) Terdapat perbedaan secara bersama-sama keaktifan dan hasil belajar IPA siswa antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran tematik terpadu pada siswa kelas IV SD No 3 Benoa Kecamatan Kuta Selatan. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD No 3 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Kata Kunci : Kata kunci: Hasil belajar IPA, keaktifan siswa, dan pendekatan pembelajaran kontekstual ASTRACT Deresta, I Nyoman (2016). Effect of Contextual Learning Approach to the liveliness and Learning Outcomes Students in Class IV IPA SD No. 3 Benoa District of South Kuta Badung regency. Thesis, Basic Education, Graduate School, University of Education Ganesha. This thesis has been approved and checked by: Supervisor I: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd and Supervisor II: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si Keywords: IPA learning outcomes, student activity and contextual learning approaches This study aims to investigate the influence of contextual learning approach to student activity and learning outcomes in grade IV IPA SD No. 3 Benoa District of South Kuta Badung regency. The design of this study post-test only control group design. The population in this study all students in fourth grade No. 3 Benoa totaling 98 people. Samples were taken by using random sampling totaling 62 people. Data were analyzed using Manova. The results showed that: (1) There are differences in student activity among students who take the approach of contextual learning by students who take the approach of thematic learning integrated in grade IV elementary school No. 3 Benoa District of South Kuta, (2) There are differences in learning outcomes of science students among students which follows the approach of contextual learning by students who take the approach of thematic learning integrated in grade IV elementary school No. 3 Benoa District of South Kuta, and (3) There is a difference together activity and learning outcomes of science students, among students who take the approach of contextual learning with students which follows an integrated thematic approach to learning in fourth grade student No. 3 Benoa District of South Kuta. Based on these findings concluded that there are significant contextual learning approach to student activity and learning outcomes in grade IV IPA SD No. 3 Benoa District of South Kuta Badung regency. keyword : Keywords: IPA learning outcomes, student activity and contextual learning approaches