Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Berbantuan Lingkungan Sekitar Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari minat out door Siswa Kelas IV Gugus Bedulu
Main Authors: | ., MADE DELLY PRADITYA MANDALA PUTRA, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF. DR. I WAYAN SUASTRA, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1975 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat out door. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan penelitian menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Gugus Bedulu yang berjumlah 155 siswa. Sampel terdiri dari 82 siswa yang dibagi menjadi dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol dengan teknik group random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar IPA dan kuesioner minat out door. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (a) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan lingkungan sekitar dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (FA 7,428 > Ftabel 3,226), (b) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan lingkungan sekitar dengan minat out door terhadap hasil belajar IPA (FAB 45,120 > Ftabel 3,226), (c) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan lingkungan sekitar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki minat out door tinggi (Qtabel(0.05) = 2.86, Qhitung = 13,355, Qhitung>Qtabel), (d) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan lingkungan sekiatr dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, pada siswa yang memiliki minat out door rendah (Qtabel(0.05) = 2,86, Qhitung = 5,64 , Qhitung>Qtabel).Kata Kunci : hasil belajar IPA, pembelajaran kooperatif tipe GI berbantuan lingkungan sekitar, minat out door This Study was made with the aim to describe the effect of the implementation of surrounding environment assisted cooperative learning tipe GI toward learning outcomenof IPA subject viewed from out door interest.Thesis, Primary Education program, Postgraduate program, Ganesha University of Education. This is a quasi-experimental study which used posttest only control group design as the research plan. The study population is the group of grade IV students Bedulu totaling 155 students. The sample consisted 82 students which was devided into 2 experimental class and 2 control class by using group random sampling technic. All data ware analyzed by using two way ANAVA. After all data ware analyzed, it was found that: a) there are defferences in learning autcomes of IPA subject, between the students who joined the surrounding environment assisted cooperative learning and the athers who joined the conventional learning model (FA 7,428 > Fcv 3,226), b) there are interaction effects between implementation of surrounding environment assisted cooperative learning and out door interest to be result og IPA learning (FAB 45,120 > Fcv 3,226), c) there are defferences in learning outcomes of IPA subject between the students who joined the surrounding environment assisted cooperative learning and the others who joined the conventional learning model which have higher out door interest (Qcv (0.05) = 2.86, Qob = 13,355, Qob>Qcv), d) there are defferences in learning autcomes of IPA sebject between the students who joined the surrounding environment assisted cooperative learning and the others who joined conventional learning model which have lower out door interest Qcv(0.05) = 2,86, Qob = 5,64 , Qcv>Qob).keyword : learning outcomes of IPA subject, surrounding environment assisted cooperative learning tipe GI, out door interest.