Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus 4 Kerambitan
Main Authors: | ., I KOMANG HARY SUDAWAN, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. I WAYAN SUASTRA, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1964 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD gugus 4 Kerambitan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 146 siswa. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan random sampling. Banyak sampel dalam penelitian ini adalah 62 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Post Tes Only Control Group Design dimana kelompok eksperimen diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah kemandirian belajar dan hasil belajar PKn. Data kemandirian belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Uji hipotesis dianalisis menggunakan MANOVA. Dari analisis data diperoleh bahwa : 1) terdapat perbedaan yang signifikan kemandirian belajar siswa (F=9,858; p