Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil belajar IPA
Main Authors: | ., I Gusti Ayu Agung Adiputri, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. I WAYAN SUASTRA, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1915 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan menggunakan rancangan Posttest Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus II Bedulu, Kecamatan Blahbatuh yang berjumlah 155 orang. Dengan memperhatikan kesetaraan kemampuan kelas melalui uji-t sebanyak 45 siswa terpilih sebagai sampel dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan tes dan kuesioner. Data dianalisis dengan statistik anava satu jalur dan manova. Hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan (F = 4,773 ; p