PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA
Main Authors: | ., I MADE DWI ARTAWAN, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. I WAYAN SUASTRA, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1902 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POE dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas Va SD No. 1 Seminyak dan Kelas Vb SD No. 1 Seminyak, yang terdiri dari 42 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran POE dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep dan kuesioner sikap ilmiah. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran POE terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa (F=44,189; p