Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No.4 Benoa Kabupaten Badung
Main Authors: | ., NI WAYAN EKA SRI WAHYUNI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. PUTU BUDI ADNYANA, M.Si. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1900 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap Minat dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPApada Siswa Kelas V SD NO.4 Benoa Kabupten Badung. Rancangan Penelitian ini adalah Posttest Only Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah berjumlah 70 orang. Sedangkan sampelnya berjumlah 70 siswa. Data minat belajar dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan test pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; 1)terdapat perbedaan yang signifikan minat dalam dalam pembelajaran IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CLIS dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CLIS dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 3) terdapat perbedaan yang signifikan minat dan hasil belajar IPA secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CLIS dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Children Learning In Sience, Minat Belajar. This research aims at is investigating the effect of Children Lerning Model on interest and learning outcomes in Science learning for Grade V students of SD No. 4 Benoa, Badung Regency. The design of this research was Posttest Only Control Group design. Population of this research were 70 students and 70 student were then selected as sample. Science learning interest data were collected using multiple choice test. Data were analyzed using MANOVA. Based on this research, the results show that : First, there is a significant differenccion interest on Science lesson between student who attend CLIS learning model and student who attend conventional learning model, Second, there is a significant difference on both learning outcomes between studenst who attend CLIS learning model and students who attend conventional lerning. Third, there was a difference in science learning interest and outcomes between students who followed guide CLIS learning model and students who followed conventional model. keyword : Science learning result, guided children learning in science model, interest in learning.