PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA

Main Authors: ., IDA AYU SURYA KENCANA DEWI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. I WAYAN SUASTRA, M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2016
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1897
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pegaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA dan sikap ilmiah siswa Kelas V SD Negeri 5 Padangsambian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 5 Padangsambian dengan jumlah 110 orang. Sampel penelitian sebanyak 68 orang ditentukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini adalah quasi experimental dengan rancangan posttest only control group design. Data penelitian dikumpulkan dengan tes hasil belajar IPA dan kuesioner sikap ilmiah. Analisis data menggunakan MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarakan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran secara konvensional (FA=23,52;p