PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS VIII ABIANSEMAL

Main Authors: ., I DW. AYU SUDAMETRI DEWI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., DR. I NYOMAN TIKA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2016
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1896
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan minat belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan (3) perbedaan secara simultan minat belajar dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan Abiansemal yang berjumlah 131 siswa, dengan sampel sebanyak 68 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy exsperiment) dengan rancangan Post-Test Only Control Group Design. Data tentang hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes bentuk pilihan ganda dan data minat belajar dikumpulkan dengan kuesioner. Data ini dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat, (1) perbedaan minat belajar yang mengikuti model pembelajaran Group Investigation (F = 21,607; p