Pengaruh Implementasi Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Padangsambian Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Authors: ., NI PUTU RIKHA WAHYUNI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF.DR. SARIYASA, M.Sc.,P.hD
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2016
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1892
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sikap sosial dan hasil belajar antara siswa yang mengikuti TKN dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional kelas V SD Negeri 3 Padangsambian Tahun Pelajaran 2015/2016.Penelitian ini adalah quasi experimental dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Padangsambian dengan jumlah 124 orang.Sampel penelitian sebanyak 84 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan tes hasil belajar PKn dan kuesioner sikap sosial, yang dimaksud hasil belajar disini adalah hasil belajar ranah kognitif. Analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara sikap sosial antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik klarifikasi nilai dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajarPKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik klarifikasi nilai dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) secara simultan, terdapat perbedaan sikap sosial dan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik klarifikasi nilai dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Kata Kunci : hasil belajar PKn, sikap sosial, teknik klarifikasi nilai This study aims to determine : the difference social attitude and civil education learning outcomes at the fifth grade students of SD Negeri 3 Padangsambian the academic year 2014/2015. This study is a quasi-experimental research to design the post-test only control group design. Population in this study is a fifth grade student of SD Negeri 3 Padangsambian totaling 124 people and many as 84 students chosen to be sampled. The data were collected using questionnaires social attitude and test civil education learning outcomes, learning outcomes in this study are the results of cognitive learning. Data were analyzed with MANOVA. The results showed that : (1) There was a deferensification of social attitude between students who followed value clarification technique setting and students who followed conventional learning, (2) There was a deferensification of science learning outcomes between students who followed value clarification technique setting and students who followed conventional learning, (3) There was a simultancous deferensification of social attitude and civil education learning outcomes between students who followed value clarification technique setting and students who followed conventional learning.keyword : Civil Education Learning Outcomes, Social Attitude, Value Clarification Technique Learning Model