PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS IV KECAMATAN BUSUNGBIU

Main Authors: ., GEDE SUMANAYA, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. I WAYAN SUASTRA, M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2016
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1872
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Busungbiu yang berjumlah 112 siswa. Sebanyak 81 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (multivariat Analysis of Variance) berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Busungbiu. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Busungbiu. Ketiga, Secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan BusungbiuKata Kunci : hasil belajar IPA, motivasi belajar, dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw This study aims to determine the influence of Jigsaw cooperative learning toward learning motivation and learning outcomes of students in learning science. This study is a quasi-experimental research using The Posttest-Only Control-Group Design. The population were all fourth grade students of Primary School Cluster IV District of Busungbiu totaling 112 students. A total of 81 students chosen as sample group was determined by random sampling technique. Data were collected by questionnaires learning motivation and learning outcomes using a multiple-choice test. Data were analyzed using MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) assisted 17:00 SPSS for windows. Research results show that: First, there are differences in learning motivation among students who study with Jigsaw cooperative learning and student learning with conventional learning model in the Elementary School fourth grade students Cluster IV District of Busungbiu. Secondly, there are differences in learning outcomes among students studying science with Jigsaw cooperative learning and student learning with conventional learning model in the Elementary School fourth grade students Cluster IV District of Busungbiu. Third, Simultaneously there is a significant difference to the learning motivation and learning outcomes among students studying science with Jigsaw cooperative learning and student learning with conventional learning model in the Elementary School fourth grade students Cluster IV District of Busungbiukeyword : Jigsaw cooperative learning, science learning result