PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME-GAME-TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI GUGUS VI KECAMATAN KUBUTAMBAHAN

Main Authors: ., NI MADE MARTENI DEWI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. PUTU BUDI ADNYANA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2016
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1866
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Team-Games-Turnament (TGT) dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen post test only control group design. Sebanyak 63 siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Kubutambahan dipilih sebagai sampel. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional; (3) secara simultan terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TGT dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensionalKata Kunci : model TGT, motivasi belajar, hasil belajar IPA This research aims at investigating the difference of natural science learning achievement and learning motivation between students following TGT learning model assisted with concept mapping and those following conventional learning model. This was a quasi-experimental research of posttest only control group design. The sample was 63 fifth grade students of Cluster VI Kubutambahan Subdistric. The data of learning motivation were collected by using questionnaire and natural science learning achievement were collected by using multiple choice test. The data were collected by using MANOVA. The result shows that: (1) there is a difference of learning motivation between students following TGT learning model assisted with concept mapping and those following conventional learning model, (2) there is a difference of natural science learning achievement between students following TGT learning model assisted with concept mapping and those following conventional learning model, and (3) simultaneously, there is a difference of learning motivation and natural science learning achievement between students following TGT learning model assisted with concept mapping and those following conventional learning modelkeyword : learning motivation, natural science learning achievement, Time-Game-Tournament (TGT) learning model