STUDI PENGEMBANGAN RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMA EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SD DI SEKOLAH RINTISAN KURIKULUM 2013 KABUPATEN BULELENG
Main Authors: | ., I PUTU INDRALOKA, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2016
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1865 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu berbasis pendekatan saintifik dengan tema ekosistem. “Studi Pengembangan pembelajaran tema ekosistem. ini menggunakan rancangan penelitian Researsh and Development (R&D). Sampel penelitian berjumlah 6 Sekolah Dasar dengan jumlah praktisi 6 orang guru SD. Data yang dikumpulkan adalah APPP, APRP dan Wawasan guru mengenai filosofi pembelajaran tematik terpadu. Validasi produk dianalisis dengan formula Gregory, Product Moment dan Alpha Cronbach. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, hasil yang didapat pada pengembangan produk RPP tema ekosistem di kelasV tercapai 0,88 maka rencana pelaksanaan pembelajaran sangat layak untuk diuji cobakan dengan tidak perlu direvisi. Kedua, skor rata – rata pelaksanaan RPP tema ekosistem di KelasV SD yang dilaksanakan oleh 6 Sekolah pada sub tema 1, 2 dan 3 adalah 92,29 yang termasuk kategori sangat baik. Ketiga, tingkat pemahaman guru terhadap filosofii pembelajaran tematik terpadu berdasarkan masa kerja memperoleh rata – rata 90,4 dengan kategori baik dan terdapat hubungan yang kuat antara masa kerja guru dengan tingkat pemahaman guru terhadap filosofi pembelajaran tematik terpadu terbukti dengan koefisien korelasi kontingensi = 0,90Kata Kunci : pembelajaran tematik, RPP, tema ekosistem This research aims to develop an integrated thematic lesson plan based on a scientific approach to the theme of the ecosystem. "Development Study learning ecosystem themes. It uses research design researsh and Development (R & D). These samples included six elementary schools with the number of practitioners 6 primary school teachers. The data collected is APPP, APRP and Insights teachers about the philosophy of integrated thematic learning. Validation formula products were analyzed by Gregory, Product Moment and Cronbach Alpha. Research results show that: First, the results obtained on product development ecosystem RPP theme in kelasV reached 0.88 it is well worth the lesson plan to be tested with no need to be revised. Secondly, the average score - average implementation RPP ecosystem theme in KelasV SD implemented by 6 School on sub-theme 1, 2 and 3 was 92.29 which included a very good category. Third, the level of understanding of teachers to filosofii integrated thematic learning based on years of obtaining the average - average 90.4 with both categories and there is a strong relationship between working time of teachers with teachers' level of understanding of the philosophy of integrated thematic learning proven with contingency correlation coefficient = 0.90keyword : thematic learning, lesson plans, the theme of ecosystems