STUDI TENTANG PENGEMBANGAN RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TEMA HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH RINTISAN KURIKULUM 2013 KABUPATEN BULELENG

Main Authors: ., I GUSTI NGURAH RADITYA RABHUWANGI, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2016
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1864
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu berbasis pendekatan saintifik dengan tema hidup bersih dan sehat. “Studi Pengembangan pembelajaran tema hidup bersih dan sehat ini menggunakan rancangan penelitian Researsh and Development (R&D). Sampel penelitian berjumlah 7 Sekolah Dasar dengan jumlah praktisi 8 orang guru SD. Data yang dikumpulkan adalah APPP, APRP dan Wawasan guru mengenai filosofi pembelajaran tematik terpadu. Validasi produk dianalisis dengan formula gregory, product moment dan alpha cronbach. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, hasil yang didapat pada pengembangan produk RPP tema hidup bersih dan sehat di kelas II tercapai 0,97 maka rencana pelaksanaan pembelajaran sangat layak untuk diuji cobakan dengan tidak perlu direvisi. Kedua, skor rata – rata pelaksanaan RPP tema ekosistem di KelasV SD yang dilaksanakan oleh 7 Sekolah pada sub tema 1, 2, 3 dan 4 adalah 95,05 yang termasuk kategori sangat baik. Ketiga, tingkat pemahaman guru terhadap filosofii pembelajaran tematik terpadu berdasarkan masa kerja memperoleh rata – rata 90,93 dengan kategori sangat baikKata Kunci : pembelajaran tematik, RPP, tema hidup bersih dan sehat This research aims to develop an integrated thematic lesson plan based on a scientific approach to the theme of clean and healthy living. "Development Study theme of learning to live clean and healthy use of the research design researsh and Development (R & D). These samples included 7 primary schools with the number of practitioners 8 elementary school teacher. The data collected is APPP, APRP and Insights teachers about the philosophy of integrated thematic learning. Validation formula products were analyzed by gregory, product moment and Cronbach alpha. Research results show that: First, the results obtained on product development RPP clean and healthy living themes in class II reached 0.97 it is well worth the lesson plan to be tested with no need to be revised. Secondly, the average score - average implementation RPP ecosystem theme in KelasV SD implemented by 7 School on sub-theme 1, 2, 3 and 4 was 95.05 which included a very good category. Third, the level of understanding of teachers to filosofii integrated thematic learning based on years of obtaining the average - average 90.93 with very good categorykeyword : thematic learning, lesson plans, the theme of clean and healthy