PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS XV KECAMATAN BULELENG

Main Authors: ., KADEK IDA SUDARMI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. PUTU BUDI ADNYANA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2016
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1863
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus XV Kecamatan Buleleng yang berjumlah 301 siswa. Sebanyak 87 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (multivariat Analysis of Variance) berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan secara signifikan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus XV Kecamatan Buleleng. Kedua, terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus XV Kecamatan Buleleng. Ketiga, secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajardan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus XV Kecamatan BulelengKata Kunci : hasil belajar IPA, motivasi belajar, dan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together This study aims to determine the influence of cooperative learning Numbered Head Together toward learning motivation and learning outcomes of students in learning science. This study is a quasi-experimental research using The Posttest-Only Control-Group Design. The study population was all students of class V SD Force XV District of Buleleng totaling 301 students. A total of 87 students chosen as sample group was determined by random sampling technique. Data were collected by questionnaires learning motivation and learning outcomes using a multiple-choice test. Data were analyzed using MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) assisted 17:00 SPSS for windows. Research results show that: Firstly, there is a significant difference in learning motivation among students who study with NHT type cooperative learning and student learning with conventional learning models in class V SD Force XV District of Buleleng. Secondly, there is a significant difference in learning outcomes among students studying science with NHT type cooperative learning and student learning with conventional learning models in class V SD Force XV District of Buleleng. Third, there is simultaneously a significant difference to the motivation to learn and learning outcomes among students studying science with NHT type cooperative learning and student learning with conventional learning models in class V SD Force XV District of Bulelengkeyword : Science learning outcomes, motivation to learn, and cooperative learning Numbered Head Together