Studi Pengembangan Perangkat Pembelajaran (RPP) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Tema Keselamatan Di Rumah Dan Perjalanan Di Kelas II Berdasarkan Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar
Main Authors: | ., CHOLIFAH TUR ROSIDAH, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1828 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam pembelajaran tematik terpadu berdasarkan Kurikulum 2013. Komponen-komponen di dalam RPP telah disesuaikan dengan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Pengembangan RPP ini difokuskan pada satu tema yaitu tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan di kelas II semester 2. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama, diantaranya define, design, development, dan desseminate. Namun, dalam pengembangan RPP ini hanya sampai pada tahap development. Produk RPP yang dihasilkan mampu menjadi salah satu alternatif pedoman guru untuk melaksanakan pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli dan praktisi yang menunjukkan bahwa rancangan RPP termasuk dalam kategori sangat baik Selain itu keterlaksanaan RPP yang dilakukan oleh guru kelas II di delapan kelas yang berbeda dan dinilai oleh Kepala Sekolah dan Peneliti menunjukkan angka capaian 89,02 yang terkategori baik.Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Tematik Terpadu This research was develop and produces lesson plans in thematic integrated based scientific approach in implementation of 2013’s Curriculum. Components in lesson plans have been adjusted to Permendikbud No.103, 2014 about learning in elementary and secondary education. Developing of lesson plans concern on one theme, that is savety at home and travels for the second grade in second semester. The measures of development in this research are used 4-D model, which consists of 4 main stage, that are define, design, development, dan desseminate. But, in this developing lesson plans just to development stage. The product of the lesson plans can be one alternative for teachers to implement learning. The results of the expert validity and practice of making lesson plans is category very good. Beside that the implementation of the lesson plans conducted by teachers of second grade in eight different classes and judged by head master and researcher showed the score 89.02 it means that the lesson plans is category good.keyword : Curriculum 2013, Lesson Plans, Scientific Approach, Thematic Integrated