Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Mencari Pasangan (Make A Match) terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus VI Abiansemal

Main Authors: ., I GUSTI AYU NGURAH CAHYANI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1827
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif make a match dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan the post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus VI Abiansemal yang berjumlah 261 orang dan sebanyak 68 orang siswa dipilih menjadi sampel dengan teknik random sampling. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner motivasi belajar dan hasil belajar IPA. Data dianalisis dengan Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan: (1) motivasi belajar siswa yang mengikuti pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (3) secara simultan, terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pendekatan saintifik melalui model pembelajaran kooperatif teknik mencari pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata Kunci : hasil belajar IPA, make a match, model pembelajaran kooperatif, motivasi belajar, pendekatan saintifik This study aims to determine: the difference learning motivation and learning outcomes of students who take the IPA between scientific approach through cooperative learning model make a match with conventional learning. This study is a quasi-experimental research (quasi experimental) to design the post-test only control group design. The population in this study is a fourth grade student Cluster VI Abiansemal totaling 261 people and as many as 68 students chosen to be sampled by random sampling technique. The data were collected using questionnaires learning motivation and learning outcomes IPA. Data were analyzed with Manova. The results showed that: (1) there is a difference in students' motivation to follow a scientific approach through cooperative learning model search techniques with a couple of students who take conventional learning. (2) There is a difference in science learning outcomes of students who take a scientific approach through cooperative learning model search techniques with a couple of students who take conventional learning. (3) simultaneously, there are differences in learning motivation and learning outcomes of students who take the IPA scientific approach through cooperative learning model search techniques with a couple of students who take conventional learning. keyword : Science learning outcomes, make a match, cooperative learning, learning motivation, scientific approach