STUDI PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN (RPP) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI DI KELAS IV BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD

Main Authors: ., NI WAYAN SUDANI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1823
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam pembelajaran tematik terpadu berdasarkan kurikulum 2013.Studi pengembangan RPP tema Makananku Sehat dan Bergizi ini menggunakan rancangan penelitian Researsh and Development (R&D). Sampel penelitian berjumlah 9 Sekolah Dasar dengan jumlah praktisi 9 orang guru SD. Data yang dikumpulkan adalah APRP dan APPP pembelajaran tematik terpadu. Validasi produk dianalisis dengan formula Gregory, Product Moment dan Alpha Cronbach. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kualitas rancangan produk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai hasil validasi judges memiliki skor 0,917, tergolong sangat baik; Kedua kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran dalam uji terbatas yang dilaksanakan di 9 Sekolah pada sub tema 1, 2 dan 3 memiliki skor 89,34, termasuk dalam kategori sangat baik.Kata Kunci : pendekatan saintifik, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), tematik terpadu This research aims to develop lesson plans (RPP) in integrated thematic learning based on Curriculum 2013. These lesson plans development study with theme “my healthy and nutritious foods” used Research and Development (R&D) design. Research sample was 9 elementary schools with 9 elementary school teachers as practitioners. Instruments used were integrated thematic learning APRP and APPP. Product validation was analyzed using Gregory formula, product moment, and alpha cronbach. Research results show that: First, the quality of lesson plans design fit the judge’s validation result with the score of 0.917, which was categorized very good. Second, the quality of lesson plan in limited testing done in 9 schools on sub theme 1, 2 and 3 scored 89.34 which was categorized very good.keyword : integrated thematic learning, lesson plans (RPP), scientific approach