Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dalam Seting Saintifik terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus III Banjar Anyar Kediri

Main Authors: ., NI PUTU DENI SUWITRI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1822
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dalam seting saintifik dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus III Banjar Anyar Kediri yang berjumlah 272 orang dan sebanyak 66 orang dipilih menjadi sampel dengan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi untuk aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar IPA. Data dianalisis dengan Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dan (3) secara simultan, terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional.Kata Kunci : aktivitas belajar,hasil belajar IPA model pembelajaran kooperatif tipe TGT This research aims to investigate the difference in learning activity and science learning outcome between students who followed Team Games Tournament (TGT) cooperative learning model in scientific setting and students who followed conventional learning. This is a quasi-experimental research using post-test only control group design. Population in this research was 272 fourth grade elementary students cluster III Banjar Anyar Kediri and 66 students were chosen as samples using random sampling technique. Data in this research were collected using observation sheets for learning activity and test for science learning outcome. Data were analyzed using Manova. Research results show that; First, there is a difference in learning activities between students who followed TGT cooperative learning model and students who followed conventional learning model. Second, there is a difference in science learning outcome between students who followed TGT cooperative learning model and group of students who followed conventional learning model. Third, there is a difference in learning activity and science learning outcome simultaneously between students who followed TGT cooperative learning model and students who followed conventional learning model.keyword : learning activity, science learning outcome, TGT cooperative learning model