Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau dari Minat Belajar pada Siswa Kelas IV SD se-Gugus Kolonial I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara Tahun Pembelajaran 2014/2015
Main Authors: | ., I PUTU SUTARJANA, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1821 |
Daftar Isi:
- Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau dari Minat Belajar pada Siswa Kelas IV SD se-Gugus Kolonial I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara Tahun pembelajaran 2014/2015. dengan sampel sebanyak 183 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data Minat Belajar siswa dan hasil belajar matematika, di kumpulkan melalui kuesioner dan tes dan di analisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti Pendekatan Pembelajaran Saintifik Berbasis ICT dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran Saintifik Berbasis ICT dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, (3) pada siswa yang mempunyai minat belajar siswa tinggi, hasil belajar PKn siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran Saintifik Berbasis ICT lebih baik dari pada hasil belajar PKn yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional dan (4) pada siswa yang mempunyai minat belajar siswa rendah, hasil belajar PKn yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran saintifik berbasis ICT Kata Kunci : pendekatan saintifik berbasis ICT, hasil belajar, minat belajar The influence of ICT-Based Scientific Approach To Learning Outcomes Civics Judging of Interest in Learning in Class IV Colonial SD se-Force I Gusti Ngurah Rai Northern learning year 2014/2015. with a sample of 183 students. The samples in this study using random sampling techniques. Data Interest in Learning students and mathematics learning outcomes, collected through questionnaires and tests and analyzed using ANAVA analysis of two lines and followed by Tukey's test. The results showed that: (1) there is a significant difference between the learning outcomes of students who take the Civics Scientific Approach ICT by students who take conventional learning approaches, (2) there is an interaction effect between Scientific ICT learning approach with student interest to the results student learning, (3) the students who have high student interest, Civics learning outcomes of students who take ICT-based learning approaches Scientific better than Civics learning outcomes that follow the conventional learning approaches, and (4) the students who have low student interest , Civics learning outcomes that follow conventional teaching approach is better than the mathematics learning outcomes of students who take a scientific approach to ICT based learningkeyword : Results Learning Civics, ICT-Based Scientific Approach, Interest in Learning