Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Kuta

Main Authors: ., I DEWA AYU MURNI LESTARI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. I MADE ARDANA, M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1817
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar matematika dan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pendekatan saintifik melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 262 orang. Dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh sampel yang terdiri dari kelas IV SD No. 4 Kedonganan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD No. 2 Kedonganan sebagai kelas control yang berjumlah 69 orang. Data motivasi belajar dan hasil belajar matematika masing-masing dikumpulkan dengan kuesioner dan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan Anava satu jalan dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan: (1) motivasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pendekatan saintifik melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas IV SD, (2) hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pendekatan saintifik melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas IV SD dan (3) secara simultan terhadap motivasi belajar matematika dan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pendekatan saintifik melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas IV SD.Kata Kunci : hasil belajar matematika, motivasi belajar This research aims to investigate the difference in learning motivation and mathematic learning outcome between students who followed scientific approach through STAD cooperative learning model and students who followed conventional learning model of fourth grade elementary students. This is an experimental research using post test only control group design. Population in this research was 262 students. By using random sampling technique, sample obtained consisted of 69 fourth grade elementary students SD Kedonganan No. 4 as experimental group and the same number of fourth grade elementary students SD No. 2 Kedonganan were selected as control group. Learning motivation and mathematic learning outcome data were collected by using questionnaire and multiple choice test. Data were analyzed using one-way Anova and Manova. Research results show that first, there is a difference learning motivation between students who followed scientific approach through STAD cooperative learning model and students who followed conventional learning of fourth grade elementary students. Second, mathematic learning outcome between students who followed scientific approach through STAD cooperative learning model and students who followed conventional learning model of fourth grade elementary students. Third, learning motivation and mathematic learning outcome simultaneously between students who followed scientific approach through STAD cooperative learning model and students who followed conventional learning model of fourth grade elementary students.keyword : mathematics learning outcome, learning motivation