PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW DENGAN SETING SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn TEMA 9 DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD GUGUS NGURAH RAI DENPASAR TIMUR
Main Authors: | ., MADE PUSPA DEWI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1816 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn tema 9 antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Model pembelajaran kooperatif type jigsaw dengan seting saintifik dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensioanal pada siswa kelas V SD Gugus Ngurah Rai Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini tergolong jenis kuasi eksperimen dengan rancangan postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 281 orang. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 92 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar untuk memperoleh data hasil belajar dan koesioner motivasi untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan Anava Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pada hasil belajar PKnsiswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran kooperatif type jigsaw dengan seting saintifik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PKn. (3) Terdapat perbedaan antara hasil belajar PKnsiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi ketika diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran model pembelajaran kooperatif type jigsaw dengan seting saintifik dan pembelajaran konvensional. (4) Terdapat perbedaan antara hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ketika diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran model pembelajaran kooperatif type jigsaw dengan seting saintifik dan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : hasil belajar PKn, model pembelajaran kooperatif type jigsaw dengan seting saintifik, motivasi belajar. This research aim at investigating the difference of Theme 9 civil learning achievement between students following cooperative learning model type Jigsaw with scientific setting and students following conventional learning model of fifth grade students of Ngurah Rai Cluster, East Denpasar in the academic year 2014/2015. It was a quasi-experiment of the posttest only control group design. The population was 281 students, while the sample was 92 students gathered randomly. The data were collected by using test for learning achievement data and questionnaire for learning motivation data. The data were analyzed by using Two-way Anova. The result shows that: (1) there is a difference of civic learning achievement between students following cooperative learning model type Jigsaw with scientific setting and students following conventional learning model, (2) there is an interaction between learning model and learning motivation on civic learning achievement, (3) for students with high learning motivation, there is a difference of civic learning achievement between students following cooperative learning model type Jigsaw with scientific setting and students following conventional learning model, (4) for students with low learning motivation, there is a difference of civic learning achievement between students following cooperative learning model type Jigsaw with scientific setting and students following conventional learning model.keyword : civil learning achievement, cooperative learning model type Jigsaw with scientific setting, learning motivation.