PENGARUH TEKNIK KLARIFIKASI NILAI TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD GUGUS VI KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG

Main Authors: ., MADE SUJANA, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1811
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik klarifikasi nilai terhadap minat belajar dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI SD. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 80 siswa. Data yang dikumpulkan adalah minat belajar dan hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, minat belajar siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (F = 60,474; p < 0,05). Kedua, hasil belajar IPS siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (F = 18,344; p < 0,05). Ketiga, secara simultan minat belajar dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti teknik klarifikasi nilai secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensionalKata Kunci : hasil belajar IPS, minat belajar, teknik klarifikasi nilai This study aim to determine influence Clarification Value Technique toward learning interest and social learning outcomes for sixth grader elementary school student. It design using the post test only control group with quassy experiment type. The data analyzed using MANOVA with helped with SPSS 17.00 for windows. The result indicated that : first, student learning interest that followed the clarification value technique were significantly better than student with conventional learning. (F=60,474; p