Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD Terhadap Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI di SD Negeri Gugus IX Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng
Main Authors: | ., I MADE UDI ARTANA, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF.DR. SARIYASA, M.Sc.,P.hD |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1810 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi dan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen post test only kontrol group design.Populasi sebanyak 112 orang siswa,menggunakan tehnik random sampling, kelas yang diacak merupakan kelas jenjang sama dan harus setara, untuk mengetahui kesetaraanya dilakukan dengan uji nilai tes ulangan umum sebelumnya menghasilkan 63 orang siswa kelas VI SD Gugus IX Kecamatan Banjar dipilih sebagai sampel. Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes prestasi belajar. Uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi berprestasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif type STAD dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F=218,252; p=0,000); (2) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif type STAD dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F=10,125; p=0,002); (3) secara simultan terdapat perbedaan motivasi berprestasi dan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif type STAD dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (F=136,1;p=0,000).Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif type STAD, motivasi berprestasi, prestasi belajar This research aims to investigate the difference of achievement motivation and learning achievement between students who followed STAD cooperative learning model and students who followed conventional learning model. The design of the research was Post-test Only Control Group Design. There were 63 students selected as sample from 112 of total population. In order to know the homogeneity of the classes, the homogeneity test was done using the exam score. Achievement motivation data were collected through questionnaire and learning achievement data were collected through achievement test. Hypothesis was tested using MANOVA. Based on the research, it was found that: First, there was a difference in achievement motivation between students who followed STAD cooperative learning model and students who followed conventional learning model (F=218,252; p=0,000). Second, there was a difference in learning achievement between students who followed STAD cooperative learning model and students who followed conventional learning model (F=10,125; p=0,002). Third, there was a difference in achievement motivation and learning achievement between students who followed STAD cooperative learning model and students who followed conventional learning model (F=136,1;p=0,000).keyword : achievement motivation, learning achievement, STAD cooperative learning model