Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Gugus V Kecamatan Banjar

Main Authors: ., I GUSTI KOMANG ASTAWA, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. PUTU BUDI ADNYANA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1809
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen post test only control group design. Sebanyak 65 siswa kelas VI SD Gugus V Kecamatan Banjar dipilih sebagai sampel. Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F=231,061; p=0,00); (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F=10,528; p=0,02); (3) secara simultan terdapat perbedaan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional ( F=1,375:p=0,00).Kata Kunci : hasil belajar IPA, model pembelajaran berbasis masalah, motivasi berprestasi. This research attempts to investigate the difference in achievement motivation and science learning outcomes between students who learned using problem-based learning method and students who learned using conventional learning method. The design of the research was Post Test Only Control Group Design. There were 65 sixth grade students in cluster V Banjar Subdistrict selected as sample. Achievement motivation data were collected using questionnaire and science learning outcomes data were selected using multiple choice test. Data were then analyzed using one-way MANOVA. The results show that: First, there was a difference in achievement motivation between students who learned using problem-based learning method and students who learned using conventional learning method (F=231,061; p=0,00). Second, there was a difference in science learning outcomes between students who learned using problem-based learning method and students who learned using conventional learning method (F=10,528; p=0,02). Third, there was a difference in achievement motivation and science learning outcomes between students who learned using problem-based learning method and students who learned using conventional learning method (F=1,375:p=0,00).keyword : achievement motivation, problem-based learning model, science learning outcomes