Pengaruh Implementasi Pendekatan SaintifikTerhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn pada Siswa SD Kelas VI di SD Gugus I Banyuning Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Authors: ., KOMANG IYUT SUDARSINI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1807
Daftar Isi:
  • Tesis ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh implementasi pendekatan saintifik terhadap sikap sosial dan hasil belajar siswa kelas VI SD di gugu 1 Banyuning. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Nomor 8 Banyuning tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 59 siswa terdiri dari siswa kelas VIa berjumlah 29 orang, 15 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Dan kelas VIb berjumlah 30 orang, 17 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Rancangan penelitian menggunakan rancangan Post-test Only Control Group Design dimana kelompok eksperimen diberikan pendekatan saintifikdan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial siswa dengan nilai koefisien F sebesar 7,055 dengan signifikansi (sig) sebesar 0,010, 2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan nilai koefisien F sebesar 16,932 dengan signifikansi (sig) sebesar 0,000, dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial dan hasil belajar siswa dengan nilai koefisien F sebesar 10,996 dengan signifikansi (sig) sebesar 0,000. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial dan hasil belajar siswa kelas VI yang menggunakan pendekatan saintifik dan pembelajaran konvensional.Kata Kunci : pendekatan saintifik, sikap sosial, hasil belajar PKn This thesis aims to determine the influence of implementation of the scientific approach to social attitudes and learning outcomes of six graders in gugu 1 Banyuning. Subjects were six graders No. 8 Banyuning school year 2014/2015, amounting to 59 students consisting of students of class VIa totaling 29 people, 15 men and 14 women. And VIB class numbered 30 people, 17 men and 13 women. The study design using the draft Post-test Only Control Group Design where saintifikdan approach experimental group was given a control group was given conventional learning models. From the analysis of the data showed that: 1) there is a significant difference with the students' social attitude F coefficient of 7.055 with a significance (sig) amounted to 0,010, 2) there is a significant difference in student learning outcomes with coefficient F of 16.932 with a significance (sig) 0,000, and 3) there is a significant difference in social attitudes and student learning outcomes with coefficient F of 10.996 with a significance (sig) of 0.000. Based on these findings it can be concluded, that there are significant differences in social attitudes and learning outcomes of the sixth grade students who use the scientific approach and conventional learning.keyword : scientific approach, social attitudes, learning outcomes Civics