PENGARUH ASESMEN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DENGAN KOVARIABEL MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SD GUGUS I KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG
Main Authors: | ., I NYOMAN LEMEK, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. PUTU BUDI ADNYANA, M.Si. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1806 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asesmen kinerja terhadap hasil belajar ipa dengan kovariabel minat belajar siswa kelas VI SD Gugus I Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan the posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini 196 orang siswa. Sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 62 orang siswa. Data minat belajar dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar IPA dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anakova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan asesmen konvensional, 2) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan asesmen konvensional, 3) secara simultan, terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar dan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan asesmen kinerja dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan asesmen konvensionalKata Kunci : asesmen kinerja, minat belajar, prestasi belajar IPA This study aim to determined the the effect of the performance assessment on the learning outcomes of science with covariates interest in learning six graders Cluster I Sukasada District of Buleleng. The study were experimental research using posttest control group design. With 196 student as population on this study, 62 among of them were the samples. Learning interest data collected by questionnaires and learning outcomes data collected by multiple choice tests. Then the data analyzed by ANACOVA technique. Based on the research, the results were : (1) there were significant different of learning interest between student who followed the performance assessment and conventional learning. (2) there were significant different of learning outcomes of science between student who followed the performance assessment and conventional learning. (3) Simoultaneusly, There are significant differences in learning interest and learning outcomes of science between students who take the performance assessment by students who take the conventional learning model.keyword : learning interest, learning outcomes of science, performance assessment