PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR GUGUS VIII KECAMATAN SUKASADA
Main Authors: | ., I PUTU ARIANTARA, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., DR. I NYOMAN TIKA, M.Si. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1805 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis lingkungan terhadap minat belajar dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Gugus VIII Kecamatan Sukasada. Sampel pada penelitian ini berjumlah 45 orang, yang ditentukan dengan teknik group random sampling.. Data minat belajar siswa dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (multivariat Analysis of Variance) berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan minat belajar antara siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri berbasis lingkungan dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI SD Gugus VIII Kecamatan Sukasada. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri berbasis lingkungan dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI SD Gugus VIII Kecamatan Sukasada. Ketiga, Secara simultan terdapat perbedaan terhadap minat belajar dan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri berbasis lingkungan dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI SD Gugus VIII Kecamatan Sukasada.Kata Kunci : Hasil belajar IPA, minat belajar, Pembelajaran inkuiri berbasis lingkungan This study aims to determine the influence of the model-based inquiry learning environment for learning and science learning outcomes of students. This study was a quasi-experimental research with The Posttest-Only Control-Group Design. The population is all six graders Force VIII District of Sukasada. The sample group was determined by random sampling technique. The sample in this study amounted to 45 people. The data collected by the students' interest in learning and learning outcomes questionnaire using a multiple-choice test. Data were analyzed using MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) aided 17:00 SPSS for windows. Results showed that: First, there is a significant difference between students' interest in learning the inquiry-based learning with the learning environment and the students who studied with conventional learning models in six graders Force VIII District of Sukasada. Secondly, there is a significant difference in learning outcomes between students learning science with inquiry-based learning environment and students who studied with conventional learning models in six graders Force VIII District of Sukasada. Third, Simultaneously there is a significant difference to learning and science learning outcomes between students who learn by inquiry-based learning environment and students who studied with conventional learning models in six graders Force VIII District of Sukasada.keyword : inquiry-based learning environments, interest in learning, the learning outcomes of science