Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Terhadap Prestasi Belajar Pkn Ditinjau Dari Sikap Demokrasi Siswa Kelas VI Di Gugus 1 Kecamatan Sukasada

Main Authors: ., KETUT WIDIARTA, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1803
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran resolusi konflik terhadap prestasi belajar PKn ditinjau dari sikap demokrasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD di Gugus I Kecamatan Sukasada yang berjumlah 196 siswa. Sebanyak 80 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data sikap demokrasi dikumpulkan dengan kuesioner dan prestasi belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A- B berbantuan SPSS 17.00 for windows.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat perbedaan prestasi belajar PKn antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran resolusi konflik dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI Gugus I Kecamatan Sukasada. Kedua, terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dan sikap demokrasi siswa terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VI Gugus I Kecamatan Sukasada. Ketiga, hasil belajar siswa yang memiliki sikap demokrasi tinggi yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran resolusi konflik lebih baik daripada siswa yang mengikuti pelajaran dengan model konvensional. Kempat, untuk siswa yang memiliki sikap demokrasi rendah yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran konvensional lebih baik daripada siswa yang mengikuti pelajaran dengan model resolusi konflikKata Kunci : hasil belajar PKn, model pembelajaran resolusi konflik, sikap demokrasi This research aim to find the effect of conflict resolution learning model against learning achievement reviewed from democratic civic education.This research are quassy experiment with posttest only control group design. The population of this research are entire sixth grade of cluster 1 subdistrict Sukasada 196 students. 80 students are choose with random sampling technique. Democratic attitude data gathered using questioner and learning achievement gathered using multiple choice test. Then analyzed using SPSS 17.00 for windows with ANAVA A-B technique. The result showed the findings as follow : (1) there are differentiation on student learning achievement between group with conflict resolution learning model and conventional learning model. (2) There are interaction between the application of learning models and attitudes toward democracy student learning achievement. (3) learning outcomes of students who have high democratic attitude in learning with the learning model of conflict resolution better than students who take lessons with conventional models. (4) Students who have low democratic attitude in learning with conventional learning model is better than the students who attend classes with models of conflict resolution.keyword : Civics learning outcomes, conflict resolution learning model, democratic attitudes