PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KOVARIABEL MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD KELAS VI GUGUS VIII KECAMATAN SUKASADA
Main Authors: | ., KETUT SUARNAYADIKA, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1800 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran matematika dengan kovariabel motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa SD Kelas VI.Penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan The Posttest Only Control Group.Sampel penelitian berjumlah 45 siswa yang diambil secara random. Data motivasi berprestasi di kumpulkan dengan angket dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan ANAKOVA.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan memanfaatan media lingkungan sekitar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media pembelajaran konvensional (F = 13,843; p = 0,05); kedua, setelah kovariabel motivasi berprestasi dikendalikan terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan memanfaatan media lingkungan sekitar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media pembelajaran konvensional (F = 11,203; p = 0,05);ketiga, terdapat kontribusi antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa.Kata Kunci : media lingkungan ,motivasi berprestasi, prestasi belajar matematika This study aimed to determined the influence of the surrounding environment as a mathematics learning medium with kovariabel motivation achievement on learning achievement sixth grade elementary student.The quassy experiment using the posttest only control group design with 45 random student as sample. Motivation achievement data gathered by questionnere and learning achievement data gathered by test.The data analyzed using ANACOVA. The result showed, first, there was a difference of mathematics learning achievement between student followed learning with utilization of the environment as a medium of learning mathematics and student followed conventional learning (F=13,843;p = 0,05); second, after motivation achievement controlled there was a difference of mathematics learning achievement between student followed learning with utilization of the environment as a medium of learning mathematics and student followed conventional learning (F=11,203 ; p = 0,05); third, there was contribution between motivation achievement toward student learning achievement.keyword : environmental medium , motivation have achievement, achievement learn mathematics