Pengaruh Penggunaan Permasalahan Autentik dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Gugus III Kecamatan Banjar
Main Authors: | ., PUTU ARRY SASTRAWAN, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF.DR. SARIYASA, M.Sc.,P.hD |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1793 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan permasalahan autentik dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Gugus III Kecamatan Banjar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 124 siswa. Uji kesetaraan antar sekolah menggunakan nilai ulangan umum semester sebelumnya. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Banyak sampel dalam penelitian ini adalah 43 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan Post-test Only Control Group Design. Permasalahan autentik dalam pembelajaran digunakan sebagai variabel bebas pada kelas eksperimen dan dikontrol dengan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar dan hasil belajar matematika. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Uji hipotesis dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan permasalahan autentik dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F=21,397; p=0,000); (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan permasalahan autentik dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F=4,519; p=0,040); (3) secara bersama-sama, terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan permasalahan autentik dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F=37,023; p=0,000).Kata Kunci : hasil belajar, motivasi belajar, permasalahan autentik ABSTRACT This research aims to describe the effect of using authentic problems in learning towards mathematics learning motivation and achievement of the sixth grade primary school students in cluster III Banjar Subdistrict. Population in this research was 124 students. The previous exam score were used in equivalence test among schools. There were 43 students selected as sample using random sampling technique. The design of this research was The Post-test Only Control Group Design. Authentic problems in learning were used as independent variable in the experimental group and conventional learning in the control group. On the other hand, the dependent variables were learning motivation and mathematics learning achievement. Learning motivation data were collected using questionnaire and learning achievement data were collected using test. Data were analyzed using one-way MANOVA. The results show that: First, there was a difference in learning motivation between students who learned using authentics problems learning method and students who learned using conventional learning method (F=21,397; p=0,000). Second, there was a difference in mathematics learning achievement between students who learned using authentics problems learning method and students who learned using conventional learning method (F=4,519; p=0,040). Third, there was a difference in learning motivation and mathematics learning achievement simultaneously between students who learned using authentics problems learning method and students who learned using conventional learning method (F=37,023; p=0,000).keyword : authentic problems, learning achievement, learning motivation