PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD GUGUS VII KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG
Main Authors: | ., NI LUH EKA RILIS TYAWATI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1790 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat dan prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD Gugus VII Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng.Populasi dalam penelitian ini 155 orang siswa.Sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 57 orang siswa. Data minat belajar dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar IPS dikumpulkan dengan tes objektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 3) secara simultan, terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar dan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.Kata Kunci : minat belajar, model pembelajaran STAD, prestasi belajar IPS This research aims to investigate the effect of STAD cooperative learning model towards social science learning achievement of the sixth grade students in cluster VII, Sawan Subdistrict, Buleleng Regency. There were 57 students selected as sample from 155 of total population. Learning interest data were collected using questionnaire and social science learning achievement data were collected using objective test. Data were analyzed using MANOVA. Based on the research, it was found that: First, there was a difference in learning interest between students who followed STAD cooperative learning model and students who followed conventional learning model. Second, there was a difference in social science learning achievement between students who followed STAD cooperative learning model and students who followed conventional learning model. Third, there was a difference in learning interest and social science learning achievement between students who followed STAD cooperative learning model and students who followed conventional learning model. keyword : learning interest, social science learning achievement, STAD learning model