PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn DENGAN KOVARIABEL SIKAP SOSIAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI DI GUGUS 3 BUSUNGBIU TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Authors: | ., NI NYOMAN YANTINI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1787 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resolusi konflik terhadap prestasi belajar PKn Dengan Kovariabel sikap sosial pada siswa kelas VI SD Negeri di Gugus 3 Busungbiu Tahun Ajaran 2014/ 2015. Populasi dalam penelitian ini 169 orang siswa. Sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 72 orang siswa. Data sikap sosial siswa dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar PKn dikumpulkan dengan tes objektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAKOVA. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa:1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Gugus 3 Busungbiu, 2) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional setelah kovariabel sikap sosial dikendalikan pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Gugus 3 Busungbiu, 3) terdapat kontribusi sikap sosial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Gugus 3 Busungbiu.Kata Kunci : model pembelajaran resolusi konflik, sikap sosial, prestasi belajar PKn This study aims to investigate the effect of conflict resolution learning model towards civic education learning achievement with social attitude covariate of the sixth grade students in cluster 3 Busungbiu academic year 2014/2015. There were 72 students selected as sample from 169 students of total population. Social attitude data were collected through a questionnaire and civic education learning achievement data were collected through an objective test. Data were analyzed using ANACOVA. The results show that: First, there was a difference in civic education learning achievement between students who followed conflict resolution learning model and students who followed conventional learning of students in cluster 3 Busungbiu. Second, there was a difference in civic education learning achievement between students who followed conflict resolution learning model and students who followed conventional learning after social attitude covariate being controlled of students in cluster 3 Busungbiu. Third, there was a contribution of social attitude towards civic education learning achievement of students in cluster 3 Busungbiu.keyword : learning model of conflict resolution, social attitude, academic achievement Civics