Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontestual Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas VI Gugus IV Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung

Main Authors: ., NI LUH PUTU VINA PURWANITA DEWI BM, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1785
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 6 SD Gugus IV Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas 6 SD Gugus IV Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 163 orang yang diambil secara rondom. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar, sedangkan data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA kelompok siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual dengan kelompok siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional (2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA ;dan (3) Untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi ,terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan kelompok siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional (4) Untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional dengan dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran kontekstual.Kata Kunci : hasil belajar IPA, motivasi berprestasi, pendekatan pembelajaran kontekstual This research aims to investigate the effect of contextual learning approach and achievement motivation towards science learning outcomes of the sixth grade elementary school students in Cluster IV Kuta Selatan, Badung Regency. Population in this research was the sixth grade elementary schools students in Cluster IV Kuta Selatan, Badung Regency. Sampele in this research 88 students captured in random. The data learning outcome were collected using science learning outcomes test while the data achievement motivation was collected using questionnaire. Then, the data was analyzed by using two way ANOVA and Tukey test. The results show that : First, There was a difference in science learning outcomes between students who followed contextual learning approach and students who followed conventional lerning approach. Second, there was an interaction effect between learning approach and the achievement motivation toward science learning outcomes. Third, for students who had high achievement motivation, there was difference in science learning outcomes between students who followed contextual learning approach and students who followed conventional learning approach. Fourth, for students who had low achievement motivation, there was a difference in science learning outcomes between students who followed contextual learning approach and students who followed conventional learning approach.keyword : Achievement Motivation, Contextual Learning Approach, Science Learning outcomes